Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Auditor Mutu Internal diikuti oleh anggota Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Nurul Huda pada tanggal 21 – 23 Juli 2023 secara zoom yang diselenggarakan oleh Best-Q Institute Batch 18. Keikutsertaan ini upaya pemenuhan standar kecukupan auditor dilingkup Unuha dengan 10 Program studi maka paling tidak ada 20 Auditor. Sedangkan yang masih di SK kan Rektor terdiri dari 4 auditor. 

Pelatihan ini menjadi langkah persiapan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) yang akan dilaksanakan pada bulan September 2023 Universitas Nurul Huda. Audit merupakan instrumen bagi manajemen pengelolaan untuk membantu mencapai visi, misi dan tujuan Unuha. Sebagaimana salah satu narasumber Bapak Yusuf Nalim menyampaikan tentang tujuan AMI yaitu 1) Untuk menentukan kesesuaian atau ketaksesuaian unsur-unsur sistem mutu, 2) Untuk menentukan keefektifan pencapaian dari tujuan- tujuan mutu yang telah ditetapkan(Indikator Kinerja Kunci), 3) Untuk memberi kesempatan teraudit memperbaiki sistem mutu, dan 4) untuk memenuhi syarat-syarat peraturan/perundang-undangan. 

Dengan penuh harapan bahwa pelaksanaan AMI akan memperoleh perbaikan dan pengembangan pada ruang lingkup berdasarkan temuan yang di teruskan adanya rapat tinjauan manajemen sebagai tindak lanjutnya.