OKU Timur, pada hari Sabtu tanggal 11 Juni 2022 Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Nurul Huda mengadakan kegiatan Pelatihan dan Praktik Videografi. Kegiatan ini sebagai wujud upaya menanggapi pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang upaya membangun dan mengembangkan program untuk mempercepat masyarakat Indonesia memasuki era digital dan juga pemenuhan standar Kemahasiswaan sebagai Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selain itu, penyiapan SDM tim desain dan videografy LPM Universitas Nurul Huda dalam mendampingi pelaksananaan program kerjanya.

Proses pembukaan pelatihan dan praktik diawali dengan sambutan sekaligus dibuka oleh Ibu Hastuti Retno Kuspiyah, M.Pd selaku Ketua LPM. Beliau menyampaikan bahwa “tujuan pelatihan dilakukan guna mengembangkan hard skill untuk membekali peserta agar mampu membuat produk video profil unit”. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Andreas Johan Iswara, S. Tr.I.Kom. Beliau adalah Freelancer Cinematography and Videography pada salah satu jasa cinematography di OKU Timur. Moderator dalam kegiatan di lakukan oleh Ibu Khusnatul Amaliah, M.Kom.

Materi yang diberikan diantara; 1) Tahap Pra Produksi; Menyusun naskah dan konsep, 2) Tahap Produksi, 3) Praktik Pengambilan Video, 4) Praktik editing video, dan 5) Evaluasi Hasil Video. Peserta pelatihan teridiri dari tim desain LPM dan LPPM, Utusan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Agama Islam sejumlah 12 mahasiswa. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dan proaktif dalam mengikuti proses kegiatan. Terlihat jelas bahwa pelatihan dengan diikuti praktik secara langsung menjadikan mereka bisa belajar secara menyulur dalam tim. Mereka parktik dalam bentuk kelompok dengan peranya masing-masing.

Narasumber menyampaikan bahwa memberikan materi secara langsung pada kegiatan ini merupakan pengalaman baru baginya, “Gak Nyangka” ujar narasumber. ” Memahami ilmu videografi merupakan hal penting bagi kita saat ini, salah satunya adalah cara mengedit video yang tidak semua bisa melakukanya” imbuhnya.

Lebih lanjut, akhir produk diharapkan peserta menghasilkan video profil LPM dan LPPM Universitas Nurul Huda sebagai langkah awal pembuktian skill mereka.

“Kerennya Mereka” Ujar narasumber”

Leave a Comment